Online Submissions
Already have a Username/Password for Universitas Indonesia Conferences?
Go to Login
Need a Username/Password?
Go to Registration
Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.
Author Guidelines
Urutan Naskah untuk Artikel Penelitian
- Judul,
- Nama dan Asal Instansi Penulis,
- Alamat Korespondensi,
- Abstrak,
- Kata Kunci,
- Pendahuluan,
- Metode,
- Hasil,
- Pembahasan,
- Kesimpulan,
- Daftar Pustaka
Petunjuk untuk Setiap Bagian Naskah dari Artikel Penelitian
Artikel penelitian yang dikirim berdasarkan pada penelitian empiris yang mengaplikasikan metode akademis yang baik. Penulis dapat mengirimkan jurnal yang berdasarkan metode kualitatif dan kuantitatif di dalam analisisnya. Artikel penelitian memiliki bagian sebagai berikut:
Judul: Tidak lebih dari 15 kata.
Data Penulis: Berisi nama lengkap seluruh penulis tanpa gelar, nama instansi dari penulis dan alamatnya (termasuk kode pos), dan alamat salah satu penulis untuk korespondensi (telepon, fax, dan email).
Abstrak: Ditulis dengan batas maksimal 250 kata. Abstrak harus berisi ringkasan singkat dari pertanyaan penelitian, metode, hasil, pembahasan, serta kesimpulan dari artikel.
Kata Kunci: Ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris masing-masing maksimal 5 subjek. Kata kunci mengandung kata atau frasa yang sering digunakan dalam naskah dan dianggap mewakili dan atau berhubungan dengan topik yang dibahas.
Pendahuluan: Pendahuluan dapat mencakup tinjauan literatur terkait topik yang dipelajari dan penjelasan terkait alasan dari penelitian. Bagian ini juga menjelaskan kontribusi dari penelitian ini terhadap literatur akademik yang ada.
Metode: Bagian ini menjabarkan metodologi tentang bagaimana mengumpulkan data penelitian, baik itu kuantitatif, kualitatif atau kombinasi keduanya.
Hasil: Berisi pemaparan mengenai temuan penelitian yang harus disajikan dengan jelas dan ringkas tanpa pendapat. Tabel, bagan, dan gambar dimasukkan ke dalam bagian Hasil, di mana hal ini dibatasi hingga enam tabel atau gambar dengan judul pendek.
Pembahasan: Merupakan interpretasi hasil, bukan pengulangan dari bagian Hasil. Buatlah pembahasan sesuai dengan hasil, tetapi jangan mengulangi hasilnya. Komponen berikut harus tercakup dalam pembahasan: Bagaimana hasil dari artikel Anda berhubungan dengan pertanyaan atau tujuan awal yang diuraikan di bagian Pendahuluan (apa)? Apakah Anda memberikan interpretasi secara ilmiah untuk setiap hasil atau temuan yang disajikan (mengapa)? Apakah hasil Anda konsisten dengan apa yang telah dilaporkan oleh peneliti lain (apa lagi)?
Kesimpulan: Penulis harus mengembangkan kesimpulan dengan menyatakan kembali alasan tinjauan dan tujuan dari artikel. Penulis juga harus membahas implikasi dari temuan.
Daftar Pustaka: Berisi daftar artikel dan buku akademik atau sumber utama lainnya yang digunakan untuk artikel (minimal 5 sumber).
Urutan Naskah untuk Artikel Konseptual
- Judul,
- Nama dan Asal Instansi Penulis,
- Alamat Korespondensi,
- Abstrak,
- Kata Kunci,
- Pendahuluan,
- Tinjauan Literatur dan Pembahasan,
- Kesimpulan,
- Daftar Pustaka
Petunjuk untuk Setiap Bagian Naskah dari Artikel Konseptual
Artikel konseptual merupakan menguraikan debat teoritis tentang topik yang dipilih penulis. Artikel ini diharapkan dapat memberikan arahan penelitian baru, untuk memperkuat dukungan terhadap teori yang ada, dan/atau untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan teori dalam literatur akademik yang ada. Artikel konseptual memiliki bagian sebagai berikut:
Judul: Tidak lebih dari 15 kata.
Data Penulis: Berisi nama lengkap seluruh penulis tanpa gelar, nama instansi dari penulis dan alamatnya (termasuk kode pos), dan alamat salah satu penulis untuk korespondensi (telepon, fax, dan email).
Abstrak: Ditulis dengan batas maksimal 250 kata. Abstrak harus berisi ringkasan singkat dari pertanyaan penelitian, metode, hasil, pembahasan, serta kesimpulan dari artikel.
Kata Kunci: Ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan maksimal 5 subjek. Kata kunci terdiri dari kata atau istilah yang sering disebutkan di dalam artikel dan dianggap mewakili atau berkaitan dengan topik yang dibahas.
Pendahuluan: Menguraikan alasan untuk membahas topik yang diangkat dalam artikel. Penulis diharapkan dapat mendefinisikan dengan jelas apa yang akan dibahas dalam artikel tersebut dan memaparkan garis besar dari tiap-tiap sub topik untuk memberikan pemahaman dan informasi latar belakang yang diperlukan oleh pembaca guna memahami bagian-bagian berikutnya.
Tinjauan Literatur dan Pembahasan: Sebagai bagian utama dari artikel ini. Bagian ini akan menyajikan debat teoritis dan pembahasan selanjutnya mengenai topik yang diangkat.
Kesimpulan: Penulis harus mengembangkan kesimpulan dengan menyatakan kembali alasan tinjauan dan tujuan dari artikel. Penulis juga harus membahas implikasi dari temuan dan agenda penelitian ke depannya.
Daftar Pustaka: Berisi daftar artikel dan buku akademik atau sumber utama lainnya yang digunakan untuk artikel (minimal 5 sumber).
Penulis harus menggunakan gaya referensi American Psychological Association (APA). Penulis juga diharapkan untuk mengutip Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial dengan minimal 3 kutipan. Penulisan referensi dapat dilakukan dengan footnote atau bodynote sesuai ketentuan yang berlaku
Copyright Notice
Authors who submit to this conference agree to the following terms:
a) Authors retain copyright over their work, while allowing the conference to place this unpublished work under a Creative Commons Attribution License, which allows others to freely access, use, and share the work, with an acknowledgement of the work's authorship and its initial presentation at this conference.
b) Authors are able to waive the terms of the CC license and enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution and subsequent publication of this work (e.g. publish a revised version in a journal, post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial presentation at this conference.
c) In addition, authors are encouraged to post and share their work online (e.g. in institutional repositories or on their website) at any point before and after the conference.